MAKALAH
BUKU SKI KELAS X ( SMA/SMK/MA )
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Telaah PAI III
Dosen Pengampu : Drs. Abd Rozaq
Di susun oleh :
v Endang Sulistiawati (
141310003077 )
v Mua’dhim ( 141310003292
)
v Ferry Kurniam (
141310003096 )
v Siti Halimah (
141310003204 )
v Abdul Majid Asasuddin (
141310003240 )
UNIVESITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
TP.2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat, taufik serta
hidayah-Nya, makalah yang membahas tentang “ Buku SKI kelas X
( SMA/SMK/MA ) “ ini dapat diselesaikaertan
dengan baik.
Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Bila
dalam penulisan karya ini terdapat kesalahan, maka itu semua merupakan hal yang
tidak disengaja dan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran yang
membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan karya tulis
selanjutnya.
Jepara, 25 November 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang............................................................................................. 4
2.
Rumusan Masalah........................................................................................ 4
3.
Tujuan.......................................................................................................... 4
BAB II
PEMBAHASAN
SEMESTER GANJIL
BAB I
peradaban bangsa arab sebelum islam ............................................................. 5-6
BAB II
perkembangan dakwah nabi muhammad saw periode
mekah.......................... 7-8
BAB III
perkembangan dakwah nabi muhammad saw periode
madinah...................... 9-10
SEMESTER GENAP
BAB IV
sejarah perkembangan islam masa
khulafaurrasyidin....................................... 11-12
BAB V
strategi dan substansi dakwah khulafaurrasyidin
............................................ 13-14
BAB III
PENUTUP
Analisis Buku................................................................................................... 15
Kesimpulan....................................................................................................... 16
Saran ................................................................................................................ 17
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Sebagai
ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan
dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai
dan tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di
Madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi
beberapa mata pelajaran yang secara wlinear akan dipelajari menurut jenjangnya.
Buku SKI kelas 10 (MA/SMA/SMK ) merupakan buku pegangan guru dan siswa, yang
dapat digunakan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran, dalam buku SKI kelas
10 ini berisikan sejarah dakwah maupun penrjuangan nabi Muhammad saw dalam memperjuangkan
dan menyebarkan agama Allah SWT yaitu agama islam selain itu juga dalam buku
SKI ini juga mengemas kisah para sahabat Rasullah saw yaitu para Khulafaurrasyidin,
buku ini memberikan motivasi bagi para siswa untuk selalu berusaha dalam
kebenaran dan juga memberikan tauladan yang dapat dicontoh oleh siswa
Pengemasan
ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan
sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah
Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan
(MAK) \meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah
Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan
dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir-Ilmu Tafsir b)
Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. Untuk
mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan,
peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan
Bahasa Arab.
2. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah
dalam pembuatan makalah diantaranya :
a.
Apa saja materi atau isi dari buku SKI kelas 1
Aliyah ?
b.
Apakah materi dalam buku SKI kelas 1 Aliyah
dengan
SK / KD sudah sesuai ?
c.
Apakah materi yang ada di SKI sesuai untuk
siswa klas 1 Aliyah ?
3. Tujuan
Tujuan dalam
pembuatan makalah adalah :
a.
Untuk mengetahui apa saja materi yang ada
dibuku SKI kelas 1 Aliyah.
b.
Untuk
mengetahui keterkaitan SK/ KD dengan materi buku SKI kelas 1 Aliyah.
c.
Untuk mengetahui apakah buku SKI tersebut
sesuai bqgi siswa kelas 1 Aliyah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Semester Ganjil
BAB I
PERADABAN
BANGSA ARAB SEBELUM ISLAM
1. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Meyakini
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
2.2 Meneladani
perilaku sabar Rasulullah Saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi
masyarakat Quraisy di Mekkah
2.3 Meneladani
sikap istiqamah Rasulllah saw. dalam melaksanakan beribadah
3.1 Memahami
sistem peribadatan bangsa Quraisy sebelum Islam
II. INDIKATOR
1. Menjelaskan
agama dan kepercayaan serta peradaban manusia sebelum masa ke-Rasulan Muhammad
saw.
2.
Mengidentifikasi Keadaan Masyarakat Arab menjelang keRasulan Muhammad saw.
3. Mengidentifikasi
Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab.
4.
Mengidentifikasi Penghargaan Masyarakat Arab Terhadap Kaum Wanita.
5.
Mengidentifikasi ibrah/pembelajaran dari peradaban bangsa arab dan dunia
sebelum islam.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomuni kasikan peserta didik diharapkan dapat
memahami peradaban bangsa arab sebelum Islam.
V. MATERI POKOK
1. Sistem
Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam
Menurut
Ibnu Kalbi yang menyebabkan bangsa Arab menyembah berhala dan batu, ialah
barang siapa yang meninggalkan kota Mekkah harus membawa batu yang diambil dari
batu-batu yang ada di tanah Haram Ka’bah. Hal itu mereka lakukan dengan maksud
untuk menghormati tanah Haram dan untuk memperlihatkan cinta mereka terhadap
kota Mekkah. Kemudian di setiap tempat persinggahan, mereka meletakan batu itu
dan bertawaf mengelilinginya seperti mengelilingi Ka’bah. Proses ini
berlangsung terus menerus dan akhirnya mereka menyemba apa yang mereka sukai
dan yakini.Bangsa Arab mulai menyembah berhala ketika Ka’bah berada di bawah
kekuasaan Jurhum. Pasukan yang dipimpin oleh Amr bin Luay al Khuzai dari
keturunan Khuza’ah datang ke Mekkah dan berhasil mengalahkan Jurhum. Kemudian
Amr bin Luay al Khuzai meletakkan sebuah berhala besar bernama Hubal yang terbuat
dari batu akik berwarna merah berbentuk patung manusia, yang ditempatkan di sisi
Ka’bah.
Kemudian
ia menyeru Patung al-Uzzah Beberapa bentuk pemujaan yang dianut oleh bangsa
Arab sebelum datangnya agama Islam:
1. Menyembah
Malaikat
2. Menyembah
jin, ruh dan hantu
3. Menyembah
bintang-bintang,
4. Menyembah
berhala, sebagian bangsa
2. Keadaan
Sosial Masyarakat Quraisy Sebelum Islam
BAB II
PERKRMBANAGAN
DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKKAH
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong-royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Meyakini
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
1.2 Menghayati
nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw. pada periode Mekah.
2.2 Meneladani
perilaku sabar Rasulullah saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi
masyarakat Quraisy di Mekah.
3.2
Menganalisis sejarah dakwah Rasulullah saw. pada periode Islam di Mekah.
3.3 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Mekah
III. INDIKATOR
1.
Mengidentifkiasi pola kepemimpinan Rasulullah saw. pada periode Mekah.
2.
Mengidentifikasi sejarah dakwah Rasulullah saw pada periode Islam di Mekah.
3.
Mengidentifikasi substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw pada periode Mekah.
4.
Mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi Rasulullah saw ketika
berdakwah di
Mekah.
5.
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw.
6.
Mengidentifikasi peristiwa hijrahnya sahabat Rasulullah saw. ke Abesiniyah.
7. Menuliskan
ibrah/pelajaran yang dapat diambil dari dakwah Rasulullah saw.
periode Mekah.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomu nikasikan peserta
didik diharapkan dapat memahami perkembangan dakwah
Nabi Muhammad
saw. periode Mekah.
V. MATERI POKOK
a. Sejarah
Dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
1. Kebiasaan Nabi Muhammad saw berkholwat, bertahannuts atau menyendiri untuk
beribadah kepada Allah Swt di gua Hira’.
2. Turunnya wahyu pertama (surat al-Alaq ayat
1-5) kepada Nabi Mu-hammad saw. sebagai bukti diangkatnya beliau sebagai
seorang Nabi.
3. Turunnya
wahyu kedua (surat al-Muddatsir ayat 1-7) kepada Nabi Muhammad saw. merupakan
bukti diangkatnya beliau sebagai seorang Rasul dan permulaan diperintahkan
beliau untuk memulai berdakwah secarasirriyah(sembunyi-sembunyi)
4. Turunnya
wahyu surat as-Syu’ara’ ayat 214 dan surat al-Hijr ayat 94 sebagai perintah
kepada Nabi saw. untuk berdakwah secara jahriyah(terang-terangan).
b.
Kesulitan-kesulitan yang dihadapi Rasulullah saw. ketika berdakwah di Mekah:
1. Faktor yang
mendorong kaum Quraisy menentang seruan Islam.
2. Hijrahnya
sahabat ke Habasyah (Abesinia).
3. Pemboikotan
orang-orang Quraisy terhadap Nabi Muhammad saw dan keluarga.
c. Hamzah dan Umar
bin Khattab masuk Islam
d. Tahun duka
cita atau ‘Amul Huzni
e. Hijrahnya
Nabi Muhammad saw ke Thaif
f. Isra’ Mi’raj
Nabi Muham-mad saw.
g. Tamsil dan
Hikmah Isra’ Mi’raj
h. Perbandingan
Kerasulan Nabi Muhammad saw. Dengan Rasul-Rasul sebelumny
Pada masa ini
rasul melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang terangan.
BAB III
PERKEMBANGAN
DAKWAHNABI MUHAMMAD SAW PERIODE MADINAH
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong-royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan ke-jadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1. Meyakini
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
1.2. Menghayati
perilaku istiqamah perjuangan Rasulullah saw. dalam berdakwah.
2.3. Meneladanai
sikap istiqamah Rasulllah saw. dalam melaksanakan beribadah.
2.5. Meneladani
perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang Badar.
3.5. Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah.
3.6. Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah.
3.7. Mendeskripsikan
Kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah.
3.8. Mengidentifikasi
faktor-faktor keberhasilan Fathul Mekah tahun 9 hijriyah.
3.9. Memahami
keberhasilan Rasululllah saw. dalam perang Badar.
4.10. Menceritakan
peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. ke Madinah.
4.11. Membuat
peta konsep mengenai kunci keberhasilan dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah.
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah.
2.
Mendiskusikan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di
Madinah.
3.
Mengidentifikasi peperangan yang terjadi di masa dakwah Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
4. Memetakan
kunci keberhasilan dakwah Rasulullah saw. baik periode Mekah maupun Madinah.
5. Menuliskan
ibrah/pelajaran dari dakwah Nabi saw. periode di Madinah.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomuni kasikan peserta
didik diharapkan dapat memahami perkembangan dakwah Nabi
Muhammad saw.
periode Madinah.
V. MATERI INTI
a.
Faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah.
1. Tekanan
orang-orang kafir Quraisy terhadap dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekah.
2. Adanya dua
perjanjian Aqabah antara kaum muslimin Yatsrib dengan Nabi saw.
b. Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah
1. Pemantapan
Keimanan
2. Persamaan
derajat manusia disisi Allah Swt.
3. Islam
menentang diskriminasi
4. Islam cinta
perdamaian
c. Kebijakan
pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah.
1.
Mempersaudarakan antara Muhajirin dengan Anshor
2. Membangun
masjid Nabawi
3. Meletakkan
dasar dasar politik dan tatanan sosial masyarakat
4. Menciptakan
kesejahteraan umum.
5.
Mengembangkan pendidikan dan dakwah.
d. Keberhasilan
Rasululllah saw dalam perang Badar
e. Faktor-faktor
keberhasilan Fathul Mekah tahun 9 hijriyah.
f. Wafatnya
Rasulullah saw.
g. Tanggapan
kaum muslimin tentang wafatnya Rasul saw.
h. Perkembangan
Islam sepeninggalan Rasulullah saw
BAB IV
SEJARAH
PERKEMBANGAN ISLAM MASA KHULAFAURRASYIDIN
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,tehnologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan ke-jadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1. Meyakini
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
1.2. Menghayati
pola kepemimpinan Khulafaur Rasyidinsebagai implementasi dari kewajiban
berdakwah.
1.3. Menyadari
pentingnya perilaku istiqamah dari perjuangan Khulafaur Rasyidin sebagai
implementasi akhlaqul karimah
1.5 Mengambil
ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidinketika menjadi pemimpin negara.
2.4 Memiliki
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
untuk masa sekarang dan akan datang.
3.1
Mendeskripsikan proses pemilihan Khulafaurrasyidin.
4.2
Menceritakan sikap bersungguh-sungguh Khalifah
Ali bin Abi Talib dalam mengkaji ilmu
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan
Biografi Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin
Affan, dan Ali
bin Abi Thalib.
2. Menjelaskan
proses pengangkatan Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan,
dan Ali bin Abi Thalib.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomuni-kasikan peserta
didik diharapkan dapat memahami proses pemilihan Khulafaurrasyidin
V. MATERI POKOK
a. BiografiAbu
Bakar As-Shidiq
b. Terpilihnya
Khalifah Abu Bakar As-Shidiq
c. BiografiUmar
Ibnu Khathab
d. Proses
pengangkatan dan gaya kepemimpinan Umar bin Khatab
e.
BiografiUsman bin Affan
f. Proses
pengangkatan dan gaya kepemimpinan Usman bin Affan
g. BiografiAli
bin Abi Thalib
h. Proses
Pengangkatan dan gaya kepemimpinan Ali bin Abu Thali
BAB V
STRATEGI DAN
SUBSTANSI DAKWAH KHULAFAURRASYIDIN
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan ke-jadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Meyakini
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2 Menghayati
pola kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban
berdakwah.
1.3 Menyadari
pentingnya perilaku istiqamahdari perjuangan Khulfaurrasy-idinsebagai
implementasi akhlaqul karimah
1.4 Menghayati
sikap tegas Khalifah Umar bin Khattab dalam pemerintahan Islam sebagai contoh
pengambilan keputusan bagi kepemimpinan umat Islam sekarang.
1.5 Mengambil
ibrahdari kepemimpinan Khulafaurrasyidin ketika menjadi pemimpin negara.
1.6 Menghayati
sikap zuhud Khalifah Usman bin Affan pada saat menjadi khalifah masa
Khulafaurrasyidin.
2.1 Meneladani
sikap tegas sahabat Umar bin Khattab ketika membuat kebijakan memecat Khalid
bin Walid dari Panglima perang sebagai teladan bagi kepemimpinan sekarang.
2.2 Meneladani
sikap tekun sahabat Usman bin Affan dalam hal beribadah.
2.3 Membiasakan
berperilaku sabar sebagaimana Khalifah Ali bin Abi Thalib ketika menghadapi
ancaman dari musuh.
2.4 Memiliki
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
untuk masa sekarang dan akan datang.
3.1
Mendeskripsikan strategi dakwah Khulafaurrasyidin.
3.2 Memahami
prestasi pemerintahan Khulafaurrasyidin
3.4 Memahami
substansi dakwah Khulafaurrasyidin.
3.5
Menganalisis kebijakan pemerintahan Khulafaurrasyidin.
3.6
Mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi masa pemerintahan
Khulafaurrasyidin.
4.3
Memetakan faktor-faktor keberhasilan Khulafaur
Rasyidindalam mengem-bangkan Islam
II. INDIKATOR
1. Menjelaskan
kebijakan dan strategi dakwah khulafaurrasyidin.
2. Menjelaskan
substansi dakwah khulafaurrasyidin.
3.
Mengidentifikasi prestasi dakwah khulafaurrasyidin
4. Menuliskan
ibrah/pelajaran yang dapat diambil dari dakwahkhulafaurrasyidin.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomuni-
kasikan peserta
didik diharapkan dapat memahami strategi dan substansi
khulafaurrasyidin.
V. MATERI INTI
a. Kebijakan
dan Strategi Abu Bakar as-Shiddiq
1. Memerangi
para orang murtad, Nabi palsu, dan kelompok yang enggan membayar zakat.
2. Pembukkuan
Al-Qur’an.
3. Perluasan
wilayah.
b. Kebijakan
dan Strategi Umar bin Khattab
1. Pengembangan
wilayah Islam
2. Mengeluarkan
Undang-undang
3. Membagi
wilayah pemerintahan
4. Membentuk
beberapa dewan
c. Kebijakan
dan Strategi Usman bin Affan
1. Perluasan
wilayah
2. Standarisasi
Al-Qur’an
3. Pengangkatan
pejabat Negara
4. Pembangunan
Fisik
d. Kebijakan
dan Strategi Ali bin Abi Thalib
1. Penggantian
pejabat lama dengan yang baru
2. Penarikan
kembali tanah hadiah
3. Mengadapi
para pemberonta
BAB III
A. Analisis
1.
Analisis buku
Jika kita analisis dalam satu tahun proses
pembelajaran Terdapat terdapat 5 bab dan waktu penyampaiannya 90 menit yang
diberikan kepada Murid, bab 1-3 diberikan pada semester ganjil dan bab 4-5 diberikan pada semeter
genap, kemudian pada setiap bab akan dijabarkan pada tiap-tiap sub bab, yg
bertujuan untuk mempermudah dalam penyampaian materi dan batasan- batasan
penyampaian materi
2.
Kesesuaian
materi dengan KI/KD,
Materi
kelas X sudah sesuai dengan KI/ KD, sehingga guru dapat menjelaskan dengan
mudah sesuai dengan urutan-urutannya, akan tetapi materi ski merupakan mata pelajaran yang dianggap membosankan karena berisikan sejarah
atau cerita yang harus diingat dan tidak perlu adanya praktek seperti mata
pelajaran yg lain, oleh
karena itu,
seharusnya guru mempunyai metode yang tepat dalam menyampaikan materi yang
diantara lain:
1. Guru harus
memahami dan menguasai materi yang akan di sampaikan
2. Menyampaikan materi menggunakan media elektronik seperti gambar atau vidio yang memperlihatkan peristiwa trsbt, dengan demikian akan lebih menarik sehingga mudah diingat dan siswa merasa tidak bosan
3. guru memberikan sejumlah pertanyaan atau tes yg berkaitan dengan materi yg disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa ttg materi tersebut.
4. guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut, yaitu mengambil contoh atau tauladan dari perjuangan Rasul dan para sahabat dalam membela kebenaran.
2. Menyampaikan materi menggunakan media elektronik seperti gambar atau vidio yang memperlihatkan peristiwa trsbt, dengan demikian akan lebih menarik sehingga mudah diingat dan siswa merasa tidak bosan
3. guru memberikan sejumlah pertanyaan atau tes yg berkaitan dengan materi yg disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa ttg materi tersebut.
4. guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut, yaitu mengambil contoh atau tauladan dari perjuangan Rasul dan para sahabat dalam membela kebenaran.
3.
Aspek psikologi
Pada
siswa MA/ SMA/ SMK materi yg disampaikan sudah
sesuai dengan usia mereka , karena diusia tersebut mereka sudah bisa
memahami dan lebih dewasa dibandingkan siswa SMP/ MTS dan juga lebih mudah
mengarahkan dan menetukan keinginannya sendiri.
4.
Aspek fisiologis
Dari
segi filsafat, materi yang diberikan untuk mereka tidak terlalu sulit, karena
materi tersebut sudah pernah diajarkan sebelumnya di MTS/SMP hanya saja materi
pada MA/SMA/SMK lebih diperinci.
B.
Kesimpulan
Dari
hasil analisis dan landasan teori diatas, kami dapat simpulkan bahwa materi SKI
yang diberikan kepada siswa kelas X MA/SMA/SMK dari semester ganjil sampai
genap sudah sesuai dengan kebutuhan suisia umur mereka, isi materi dari dasar
sampai perinciannya sudah komplek, dan diharapkan dari penyampaian materi siswa
mampu menerima dan menerapkan dengan baik dan maksimal.
C.
Saran
Untuk pengembangan dan kemajuan yang lebih baik ,saya
meminta saran dan kritik yang membangun terhadap makalah kami, karena tiada
kata yang sempurna akan segala sesuatu.
Bisa menjadi referensi dalam proses belajar mengajar nh.. thanks ya..
BalasHapus